SIPENCATAR


Selamat siang para pembaca...
Disini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya dalam mengikuti tes SIPENCATAR taruna perhubungan karena banyak sekali yang bertanya kepada saya mungkin artikel ini akan sedikit membantu anda dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti tes.
ok langsung saja tanpa basa-basi saya akan mulai bercerita.

Jadi saya dulu mengikuti tes SIPENCATAR pada tahun 2015, yang mungkin sampai sekarang tesnya tidak jauh berbeda. Saya mengikuti tes di ATKP SURABAYA tetapi saya mengambil jurusan elektro di API MADIUN, jadi anda bisa mengikuti tes di lokasi yang berbeda dengan tujuan jurusan yang anda inginkan, sebagai contoh misalnya anda ingin mengambil jurusan transportasi darat di STTD BEKASI tetapi anda berdomisili di Makassar, maka untuk menghemat biaya akomodasi anda bisa mengikuti tes di PIP MAKASSAR atau ATKP MAKASSAR. tentunya biaya pendaftaran juga akan sedikit berbeda.

Banyak sekali yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi SIPENCATAR yakni tidak hanya fisik melainkan persiapan mental, ok langsung saja akan saya kupas satu-persatu tahapan tes SIPENCATAR yang dulu saya ikuti.

1.TPA (Tes Potensi Akademik)

tes potensi akademik terdiri dari Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris, pada saat saya tes dulu setiap mapel terdiri dari kurang lebih 40 soal, jadi banyak-banyaklah anda belajar dari soal-soal ujian nasional anda saat SMA/SMK, dijamin 90% keluar pada saat tes.

2. PSIKOTES

tes psikotes tidak jauh berbeda dengan tes psiko pada umumnya, sebagai contoh menggambar orang, pohon, kraepelin dll. mungkin anda bisa mencari soal-soal tersebut di internet.
sekedar saran ketika anda menjawab soal psikotes jawablah dengan tegas dan tanpa ragu, karena itu menunjukkan pribadi anda, misal saat menggambar orang gambarlah dengan detail, sebutkan siapa yang anda gambar dan jelaskan dengan detail.

3. SAMAPTA

tes samapta tidak jauh beda dengan tes masuk TNI/Polri, yang berbeda hanyalah

pada sipencatar tidak ada pull up, saya dulu push up 48 kali 1 menit, sit up 45 kali satu menit, lari 2400 m 10menit, dan shuttle run 18 detik 3x putaran.
Fyi, untuk mendapat nilai 100 pada push up yakni 43, sit up 45, lari 2400m 12 menit, dan shuttle run kurang lebih 17 menit, saya sarankan anda untuk jauh-jauh hari melakukan latihan secara rutin dan mulai makanlah makanan yang bergizi.

4. KESEHATAN

Pada tes kesehatan anda akan menghadapi 2 tahap tes yakni kesehatan dalam dan luar, kesehatan luar meliputi kulit, mata, gigi, bentuk kaki, tremor dsb, untuk kesehatan dalam meliputi pengecekan jantung, paru-paru, varises, varikokel dsb. Maka dari itu persiapkanlah diri anda dari sekarang, lakukanlah medical check up ke dokter terdekat sebelum tes agar anda mengetahui kondisi kesehatan anda, mulai sekarang berhentilah merokok apabila anda ingin benar-benar berhasil

5. PANTUKHIR DAN WAWANCARA 

Pada tahap ini anda wajib mempersiapkan mental anda matang-matang, anda akan dihujani banyak sekali pertanyaan, baik dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris, pertanyaan yang biasa di tanyakan adalah:
1.       Apa motivasi anda memilih sekolah tersebut?
2.       Coba jelaskan mengapa pesawat/kereta api/kapal bisa berjalan?
3.       Apakah anda mampu mematuhi peraturan disini?
4.       Bagaimanakah sosok diri anda?
5.       Apa keunggulan anda?
Dan pada akhir sesi anda biasanya disuruh mempratekkan PBB/permildas, jadi mulai sekarang asahlah kemampuan PBB anda, minimal PBB dasar. Dan pada tahap wawancara jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan tegas dan jangan berganti-ganti jawaban. Karena disitulah nanti penilaiannya, jika anda bisa mencapai tahap ini maka bisa dipastikan anda 90% akan lolos seleksi.

Itulah mungkin sedikit bocoran dari saya, jika ada yang  berkenan bertanya silahkan dengan senang hati akan saya jawab, good luck!!


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hargailah mereka

Fana